Perlemakan Hati (fatty liver)


Apakah perlemakan hati itu?

Perlemakan hati berati adanya pengumpulan lemak yang berlebihan di dalam sel-sel hati kita. Ini sangat umum dijumpai pada mereka yang mengalami kegemukan, dan banyak di jumpai pada umur diatas 30 tahun.

Pada kondisi ini, hati mengandung lemak yang berlebihan dan sebagian jaringan normal hati diganti dengan lemak yang tidak sehat. Dalam hal ini, sel-sel hati dan ruang di hati diisi dengan lemak sehingga hati menjadi sedikit membesar dan lebih berat. Hati menjadi berminyak dan berwarna kekuningan. Kondisi ini membuat keluhan yang tidak enak di daerah organ hati, yang terasa dibagian perut kanan atas. Mungkin juga didalam hati terdapat batu empedu, yang tersusun dari kolesterol dan garam empedu. Kelebihan lemak di hati ini bisa dilihat dengan USG. Mungkin juga pada kondisi ini terjadi peningkatan enzim hati. Disfungsi hati sangat sering terjadi dan merupakan masalah yang terus meningkat.

Hati yang sehat berwarna agak kemerah-merahan dan memiliki tekstur yang seragam. Jika kita memotong hati ke dalam irisan-irisan yang kecil dan memperbesar penglihatannya hingga berjuta-juta kali, maka kita melihat ruangan yang dipenuhi dengan warna merah ke merah muda karena mereka dipenuhi dengan darah. Barisan dari sel hati membentuk dinding ruangan tersebut. Selama darah mengalir sepanjang ruangan ini, sel-sel hati dapat membersihkan racun, sel-sel mati, mikroorganisme dan lemak dari aliran darah. Inilah mengapa kita menyebut hati sebagai penyaring dan pembersih aliran darah. Jika ruangan pada hati dan sel-sel hati ini dipenuhi oleh lemak, maka hati tidak mampu menyaring dan membersihkan aliran darah secara efesien dan aliran darah menjadi penuh dengan racun dan lemak. Oleh karena itu jalan yang terbaik adalah mengatasi masalah ini, jika tidak fungsi hati yang terus lemah akan memicu terjadinya masalah lebih lanjut seperti kondisi auto imun dan diabetes tipe 2.

Bagaimana anda tahu kalau anda mempunyai perlemakan hati?

Anda mungkin mempunyai kelebihan berat badan, terutama di area perut
Anda mungkin mempunyai kesulitan menurunkan berat badan
Anda mungkin mempunyai kolesterol dan trigliserida yang meningkat didalam darah anda
Anda mungkin mempunyai diabetes tipe 2
Anda merasa sangat letih
Anda mungkin mempunyai permasalahan dengan sistem imun anda

Apakah konsekwensi dari perlemakan hati?

Hati yang sehat mengatur metabolisme lemak dan sebagai organ pembakar lemak didalam tubuh. Tentu saja hati yang sehat tidak hanya membakar lemak, tapi juga dapat memompa kelebihan lemak keluar dari tubuh melalui empedu ke dalam saluran usus. Ini berarti, jika hati anda sehat maka anda tidak akan mempunyai banyak kesulitan didalam mengontrol berat badan. Dan sebaliknya hati yang berlemak bertindak sebaliknya dari apa yang seharusnya ia lakukan. Perlemakan hati menyimpan lemak, padahal seharusnya ia membakar lemak dan membuang kelebihan lemak dari tubuh anda. Tentu saja suatu perlemakan hati menjadi gudang bagi lemak dan ini terus berlangsung selama bertahun-tahun, dan akhirnya hati hanya menjadi “kantong lemak” dengan konsekwensi yang mengerikan bagi kesehatan dan kelangsungan hidup kita.

Apakah perlemakan hati ini umum?

Di USA, kejadian perlemakan hati mencapai 15-20 % dari populasi umum, dan lebih tinggi lagi pada mereka yang mengalami kegemukan (obesitas). Perlemakan hati adalah penyebab paling umum dari ketidaknormalan pada tes fungsi hati di USA. Ini juga bisa terjadi pada anak-anak.
Dokter saya mengatakan tidak ada yang dapat dilakukan untuk menangani perlemakan hati?
Masih banyak kalangan dokter yang mengatakan bahwa kondisi perlemakan hati itu bukan masalah serius. Mereka mengatakan tidak ada yang perlu dilakukan dan yang penting dipantau. Sementara itu kondisi menjadi buruk dan lebih buruk dimana jaringan hati pelan-pelan digantikan oleh lemak dari tahun ke tahun. Jika tidak dikendalikan, perlemakan hati yang berat dapat memicu jaringan parut hati (cirrhosis).
Kalau demikian apakah perlemakan hati dapat diperbaiki?

Tentu saja anda dapat memperbaiki kondisi perlemakan hati. Berterimakasihlah kepada hati yang merupakan salah satu organ didalam tubuh yang ulet. Dia mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan diri bila diberi kesempatan.

Apa yang perlu saya lakukan?

Tubuh anda membutuhkan nutrisi yang sesuai agar proses metabolisme dan detoksifikasi berjalan dengan efektif sehingga akan meningkatkan fungsi hati.


Program liver cleansing akan membantu anda didalam memperbaiki kondisi perlemakan hati

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar